SEKILAS INFO
: - Rabu, 29-06-2022
  • 5 bulan yang lalu / Telah dibuka Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2022/2023. Informasi lebih lanjut hubungi nomor di bagian pengumuman PPDB
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang Di Website SMK Muhammadiyah Minggir
  • 1 tahun yang lalu / Terwujudnya lembaga pendidikan yang agamis, kompeten ,unggul dan Berbudaya
Super Health

RAHASIA IBADAH DARI BANGUN TIDUR HINGGA KEMBALI MEREBAHKAN DIRI BAGI KESEHATAN

Super Health

Oleh Rr.Diana Tike Sujati, S.Si

Guru SMK Muhammadiyah Minggir Sleman

E-mail: dianatike@gmail.com

Judul buku : Super Health

Penulis       : Egha Zainur Ramadhani

Penerbit      : Pro-U Media

Tahun terbit : 2007

Cetakan ke : 3

 

 

  1. Pendahuluan

Begitu rasa sakit mendera kita, kemana kita pertama kali mencari pertolongan? Jawaban umumnya ke dokter, rumah sakit atau klinik terdekat. Bila sakitnya ringan beli saja obat di warung, nyatanya memang jarang sekali kita berfikir untuk mencari pengobatan pertama dan utama kepada Allah sang penyembuh yang menjadikan Al-quran sebagai obat. Karena mahalnya ongkos pengobatan medis, seretnya jaminan kesehatan buat rakyat miskin, tingginya hasrat untuk sembuh dari derita dan tekanan hidup membuat orang mudah tergoda pada yang serba praktis, ajaib, mistis dan murah. Hal ini membuat masyarakat mudah jatuh ke hal yang berbau mistis dan syirik.

Dengan adanya buku Super Health ini tentu akan menambah pengetahuan kita bahwa kesehatan diri kita dapat kita capai dengan ibadah

 

  1. Rahasia ibadah bagi kesehatan kita

Dalam buku ini dijelaskan tentang keajaiban air. Air yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk. Air juga sebagai sarana pengobatan, misalnya dalam guyur air wudhu dalam pengobatan modern tidak lain adalah hidromassage alias pijat dengan memanfaatkan air sebagai media penyembuhan. Dijelaskan pula manfaat medis sholat Tahajud yang dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan, juga menghindarkan diri dari penyakit. Ketenangan dapat meningkatkan ketahanan tubuh (sistem imun), mengurangi resiko terkena penyakit jantung, dan meningkatkan usia harapan hidup.

Keutamaan waktu dan sholat Subuh dimana kita bangun pagi  buta dan bergerak. Hal ini akan memberi pengaruh baik pada pencegahan gangguan kardiofaskuler (hal 66). Dalam memanfaatkan waktu kita harus mempunyai kecerdasan mental. Kecerdasan mental adalah awal dari segalanya. Mental yang cerdas diawali dari sikap tenang terhadap beban dan stres. Sikap tenang diawali dari kedekatan pada Sang Pencipta. Kedekatan ini dibangun dengan zikir dan berdoa.

Dianjurkan pula sholat Dhuha yang berguna untuk mempersiapkan diri melakukan aktivitas juga menangkal stres yang timbul dalam kegiatan sehari-hari. Gerakan teratur dalam sholat ini menguatkan otot dan tendonnya, sendi serta mempunyai efek yang luar biasa terhadap sistem kardiovaskuler

Dalam buku ini kita juga dianjurkan untuk tidur di siang hari yang walau hanya 30 menit tapi berkualitas yang mampu meningkatkan produktivitas kerja, kesigapan tubuh dan memulihkan mood dan niat yang ikhlas pada sisa hari/ malam hari bernilai lebih yaitu berupa pahala. Penelitian David F Dinges & Roger J Broughton menunjukkan mereka yang secara rutin tidur 30 menit pada tengah hari mampu mengurangi resiko mempunyai penyakit kardiovaskuler dibanding yang tidak memiliki kebiasaan tersebut.(hal 106)

Pada pembahasan sholat diterangkan pula bahwa Rasulullah pernah bersabda bahwa pada saat kita sholat Dhuhur sebenarnya pada saat itu nyalanya api neraka jahanam. Orang mukmin yang mengerjakan sholat pada waktu itu akan diharamkan ke atasnya api neraka pada hari kiamat. Saat sholat Ashar adalah ketika nabi Adam.As memakan buah khuldi, orang mukmin yang sholat Ashar akan diampuni dosanya seperti bayi yang baru lahir. Sholat Maghrib adalah saat ketika tobat nabi Adam diterima. Seseorang yang ikhlas mengerjakan sholat Maghrib kemudian minta sesuatu pada Allah maka Allah akan memperkenankannya. Seseorang mukmin yang berjalan dalam malam yang gelap untuk pergi menunaikan sholat Isya berjamaah, Allah haramkan dirinya terkena api neraka dan diberikan padanya cahaya untuk menyebrangi titian sirath. Seseorang yang mengerjakan sholat Subuh selama 40 hari secara berjamaah diberikan kepadanya  dua kebebasan yaitu dibebaskan dari api neraka dan dibebaskan dari nifak.

Diterangkan pula dalam gerakan-gerakan sholat seperti takbiratul ikhram, berdiri, rukuk, i’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud dan duduk tasyahud serta salam. Dalam takbiratul ikhram kegiatan mengangkat tangan dan meregangkan hingga rongga dada mengembang seperti halnya paru-paru, hal ini berarti meregangkan otot-otot bahu hingga aliran darah membawa oksigen menjadi lancar. Meletakkan tangan kanan diatas pergelangan tangan kiri merupakan istirahat yang paling sempurna bagi kedua tangan sebab sendi-sendi dan otot keduanya berada pada posisi istirahat penuh, hal ini memudahkan aliran darah ke jantung. Pada rukuk yang terjadi adalah menguatkan otot pada persendian kaki yang dapat meringankan tegangan pada lutut. Tekanan terjadi pada otot lambung, perut dan ginjal sehingga darah akan terpompa ke atas tubuh. Pada i’tidal efeknya adalah pencernaan menjadi lancar, tubuh mnegalami relaksasi dan melepaskan ketegangan. Sujud mempunyai pijatan usus yang akan melancarkan peristaltik (gerak mencerna usus) dan memudahkan buang air. Peredaran darah menjadi lancar, selain itu ketika sujud ada aliran darah kaya oksigen yang mengalir maksimal ke otak yang berpengaruh pada kecerdasan. Duduk diantara dua sujud dan duduk tasyahud berfungsi untuk merefleksi (pijat refleksi) saraf kaki dan memperlancar peredaran darah hingga ke kepala. Gerakan terakhir adalah salam, salam mampu mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah karena terjadi relaksasi otot di sekitar leher dan kepala sehingga menyempurnakan aliran darah di kepala.

Penelitian membuktikan membaca Al-Quran secara tartil menyebabkan ketenangan yang juga membawa manusia pada kesehatan spiritual, psikologis dan fisik. Dalam membaca Al-Quran ada dua aspek yaitu aspek Autosugesti yaitu aspek yang dapat menimbulkan ketenangan karena Al-Quran berisi nasihat-nasihat, serta ucapan-ucapan yang baik. Aspek kedua adalah aspek waqaf dan tajwid, inilah latihan yang teratur, alami, tanpa rekayasa kepalsuan. Jadi dengan meditasi Al-Quran ini sangat banyak manfaatnya antar lain menurunkan depresi, kesedihan, bahkan dapat memperoleh ketenangan dan menolak berbagai macam penyakit.

Ibadah lain yang bernilai medis adalah puasa, baik puasa sunah maupun puasa wajib. Fakta membuktikan bahwa lama makanan tinggal di dalam saluran pencernaan adalah 14 jam. Jika kita tidak puasa maka alat pencernaan kita akan bekerja terus sepanjang hari, sepanjang tahun tidak pernah berhenti. Puasa sagat banyak manfaatnya antara lain dapat menghambat penjendalan darah yang berakibat sesak nafas, stroke samapai pada kematian karena dengan puasa maka kadar magnesium dalam darah  meningkat sehingga proses penjendalan darah bisa dicegah. Ketika puasa  juga terjadi penurunan kadar gula darah.

Dibahas juga tentang penyembuhan  dengan menggunakan metode cahaya matahari.  Sinar matahari dapat digunakan sebagai suatu terapi untuk memperbaiki kelainan pada mata dengan frekuensi dan interval khusus dari cahaya matahari. Selain itu beberapa percobaan di Jepang dan Amerika menunjukkan bahwa cahaya terang bermanfaat dalam mengobati depresi. Lebih cepat dari obat anti depresan atau psikoterapi. Selain itu juga sejumlah kecil sinar UV pada siang hari diperlukan tubuh untuk kesehatan fisik dan mental, kekuatan otot, energi serta proses belajar.  Warna sinar matahari dapat memancarkan getaran yang pada akhirnya memperbaiki mood dan suasana hati sehingga mampu memberi efek penyembuhan. Cahaya matahari tersusun dari berbagai spektrum yang akan membentuk warna putih. Penelitin di Jerman (1948) didapatkan data penggunaan warna biru, oranye dan merah mampu meningkatkan IQ siswa. Warna merah daapt menagibatkan peningkatan tekanan darah serta denyut nadi, sedangkan oranye mengakibatkan rasa lapar. Biru dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi lapar dan menjadikan seseorang lebih relax dan merasa damai. Warna ini sering digunakan untuk mengobati penderita insomnia, hipertiroid, serta gangguan panik karena efek ketenangnannya. Warna hijau dapat menghadirkan keseimbangan, harmonisasi simpati dan ketakziman cinta. Jadi hijau adalah perpaduan kekuatan merah yang semangat dan biru yang tenang, sehingga didapat keseimbangan spiritual yaitu keseimbangan dunia dan akhirat.(hal 209)

Pada bab Ini Targetku dijelaskan tentang jadwal harian yang dapat kita terapkan sehari hari. Mulai dari jam 03.00 kita bangun, sholat tahajud, bertilawah al-Quran, dan sholat Witir. Pukul 04.00 jamah Subuh. Pukul 07.00 aktivitas harian didahului dengan sholat Dhuha. Pukul 12.00 sholat jamaah Dhuhur dan sholat sunah dilanjutkan dengan rehat siang. Pukul 13.00 kembali beraktivitas. Pukul 15.00 shalat sunah dan jamaah Ashar. Pukul 17.45 sholat jamaah Magrib dan sholat sunah  serta dilanjutkan dengan tilawah, tadabbur ayat-ayat Ilahi. Disambung dengan sholat Isya dan sholat sunah. Pukul 20.00 belajar, beristirahat dan niatkan sholat Tahajud.

Pada Bab terakhir dijelaskan agar kita bisa menjadi hamba yang ikhlas dan bersyukur. Ikhlas berarti segala amalan, sikap, tingkah bermuara hanya kepada Allah

 

III. Penutup.

Sakit kadang menimbulkan  ketidaknyamanan  dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi sesungguhnya sakit banyak gunanya, misalnya sakit sebenarnya anugerah Allah bagi manusia dalam wujud warming sistem yang sigap dan sensitif atas setiap penyimpangan apapun di dalam tubuh, mungkin berarti ada kerusakan, ketidakseimbangan, kekurangan  atau kelebihan.

Sakit juga dapat meluruhkan dosa-dosa. Seperti pada sabda Rasulullah bahwa tidaklah seseorang muslim ditimpa gangguan berupa sakit atau lainnya melainkan Allah menggugurkan kesalahan-kesalahannya sebagaimana pohon menggugurkan daunnya (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Tapi meskipun sakit punya manfaat sesungguhnya mencari sehat adalah kewajiban karena banyak ibadah yang baru bisa terwujud dengan kondisi tubuh yang sehat. Sedangkan sehat itu tidak harus dengan minum berbagai obat, tapi dengan melakukan ibadah sehari-hari baik wajib maupun sunah juga dapat membuat tubuh kita menjadi sehat. Manfaat dibalik semua gerakan sholat misalnya terdapat efek medis yang istimewa. Serta perilaku sehat seperti berolah raga, istirahat yang cukup, makan tidak berlebihan juga dapat meningkatkan kesehatan kita. Insya Allah jika kita melihat keteraturan dalam tubuh maka akan tampak adanya sistem respon-adaptasi. Awalnya memang berat apalagi untuk rutinitas sholat tahajud tapi ketika semua menjadi suatu pola rutin yang dijiwai dan niat kepada Allah insyaAllah akan datang nikmat Allah yang melimpah baik nikmat kesehatan atau yang lainnya. Jadi jangan lupa bersyukur pada Allah Subhanahu wa ta’ala dan shalawat kepada Rasulullah Shallallahu ’alaihi wassalam.

Selamat membaca dan merubah perilaku kita sehingga menjadi perilaku seperti perilaku Rasullullah dari bangun tidur sampai merebahkan diri lagi. Semoga Allah memudahkan serta meridhoi langkah kita selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Pesan Mendikbud Nadiem Makarim

Pengumuman

Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2021/2022

Penerimaan Siswa Baru Tahun Ajaran 2022/2023

Kerjasama dengan IDUKA (industri dunia kerja)