SEKILAS INFO
: - Sabtu, 21-05-2022
  • 3 bulan yang lalu / Telah dibuka Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2022/2023. Informasi lebih lanjut hubungi nomor di bagian pengumuman PPDB
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang Di Website SMK Muhammadiyah Minggir
  • 1 tahun yang lalu / Terwujudnya lembaga pendidikan yang agamis, kompeten ,unggul dan Berbudaya
Profil SMK Muhammadiyah Minggir

 1. Letak Geografis

SMK Muhammadiyah Minggir adalah salah satu sekolah dibawah Dikdasmen Muhammadiyah Cabang Minggir yang terletak di Dusun Sidorejo, Desa Sendangrejo, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Propinsi DIY.

Sekolah ini terletak di daerah pedesaan yang masih cukup jauh dari kebisingan. Suasana yang tenang dan asri deat persawahan dan selokan Mataram membawa dampak baik bagi suasana tenang yang mendukung untuk pembelajaran.

SMK Muhammadiyah Minggir adalah satu-satunya SMK yang ada di kecamatan Minggir.

 

  1. Sejarah Berdirinya SMK Muhammadiyah Minggir

SMK Muhammadiyah Minggir merupakan alih fungsi dari SMA Muhammadiyah Minggir pada tahun 2005. Dan sebelumnya SMA Muhammadiyah Minggir juga merupakan alih fungsi dari SPG  Ngijon Minggir yang berdiri tahun 1974. SMK Muhammadiyah Minggir menempati gedung peninggalan SPG Muhammadiyah Minggir yang dibangun pada tahun 1981.

Saat ini jumlah tenaga pendidik SMK Muhammadiyah Minggir 21 orang, tenaga kependidikan/administrasi 4 orang, 6 rombel dan terdiri dari 2 kompetensi keahlian yaitu Farmasi (Asisten Apoteker) dan Teknik Listrik (Elektro). Dan dipimpin oleh Kepala Sekolah Edy Purwanto, S.Pd.T.

 

  1. Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

Visi terwujudnya lembaga Pendidikan yang Agamis, Kompeten,  Unggul dan berbudaya. Sedangkan misinya adalah :

  1. Mempersiapkan Peserta Didik yang beriman dan bertaqwa berdasarkan Al-Qur’an dan As Sunah
  2. Meningkatkan Kompetensi Guru dan Karyawan sehingga terwujud kekuatan yang solid dalam mengelola lembaga Pendidikan
  3. Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik sehingga Berprestasi dalam Bidang Keahliannya
  4. Melengkapi sarana dan prasarana yang sesuai dengan perkembangan zaman
  5. Melibatkan Masyarakat, Dunia Usaha dan Dunia Industri serta Pemerintah dalam menghadapi perubahan Global.

Tujuan pendidikan SMK Muhammadiyah Minggir adalah tercapainya tujuan pendidikan nasional dan juga mewujudkan tercapainya tujuan persyarikatan Muhammadiyah serta memperhatikan peningkatan mutu dan ketahanan sekolah, yaitu :

  1. Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Meningkatkan kecerdasan dan ketrampilan
  3. Mempertinggi budi pekerti
  4. Memperkuat kepribadian
  5. Mempertebal rasa kebangsaan
  6. Mengamalkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat islam yang sebenar-benarnya
  7. Menciptakan tata kehidupan yang aman, tertib, indah, suasana keluarga yang berdisiplin selaras dan seimbang
  8. Meningkatkan ketangguhan sekolah, sehingga mampu menghadapi gangguan pengaruh negatif dari luar sekolah yang dapat menimbulkan gangguan terhadap ketertiban sekolah
  9. Menanamkan kebiasaan yang baik dan terpuji dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

 

  1. Kekuatan Sekolah

Meskipun belum menjadi lembaga pendidikan yang besar, namun SMK Muhammadiyah Minggir selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta didik agar kompetensi peserta didik tercapai sehingga tujuan pendidikan pun juga tercapai. Sebagaimana amanat UU No. 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 2 yang menyebutkan, “Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.”

Kemudian Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional terdapat dalam pasal 3 Undang-undang No. 20 Tahun 2003 yang berbunyi:

“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Bersadarkan rapor EDS, potensi yang dimiliki SMK Muhammadiyah Minggir yaitu SDM pendidik 100% berijazah S1. Suasana belajar yang berbasis agama, tenang dan jauh dari keramaian kota. Fasilitas fisik gedung yang memadai. Sarana praktik yang berkualitas. Jaringan internet tersedia untuk mengakses berbagai informasi. Kerjasama yang baik telah terjalin dengan beberapa institusi dan DUDIKA.

 

  1. Hasil EDS pada Standar Isi, Proses, Penilaian dan Kompetensi Lulusan 

a. Standar Isi

Menurut rapor EDS, Kurikulum SMK Muhammadiyah Minggir memuat Perangkat pembelajaran yang  memuat karakteristik kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Kompetensi guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran kurang. Pemahaman guru terkait kompetensi keterampilan belum menyeluruh.

Sedangkan potensi yang ada di sekolah adalah kompetensi guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran sudah memadai, pemahaman guru terkait kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan siswa sangat baik, visi, misi dan tujuan sekolah  fokus pada pencapaian kompetensi sikap.

Sekolah mematuhi standar untuk menyediakan apa yang dibutuhkan bagi pengembangan pribadi peserta didik termasuk konseling dan kegiatan ekstra kurikuler. Terlihat ekstrakuler yang diadakan oleh sekolah yaitu tapak suci, tahfid quran, multi media, menjahit dan kaligrafi. Untuk muatan lokal masih perlu ditingkatkan.

 

b. Standar Proses

Sekolah merencanakan proses pembelajaran sesuai ketentuan yaitu ;

  • Silabus dikembangkan dengan memuat komponen yang meliputi:
  • identitas mata pelajaran,
  • identitas sekolah,
  • kompetensi inti
  • kompetensi dasar,
  • materi pokok,
  • kegiatan pembelajaran,
  • penilaian,
  • alokasi waktu,
  • sumber belajar

berdasarkan standar kompetensi kelulusan dan standar isi.

Pembuatan perangkat juga mendapatkan evaluasi dari kepala sekolah dan pengawas sekolah.

 

c. Standar Penilaian

Guru SMK Muhammadiyah Minggir sudah melakukan penilaian pada ranah sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Kemampuan guru untuk membuat penilaian juga baik dan mendapat pengawasan dari pengawas dan penyelenggara pendidikan.

Menurut rapor EDS standar penilaian SMK Muhammadiyah Minggit adalah 5,46. Kondisi ini belum menunjukkan kondisi ideal. Masih perlu ditingkatkan sebagai bentuk tindaklanjutnya. Beberapa yang dilaksanakan adalah dengan pelatihan, workshop, IHT dan tutor sejawat.

 

d. Standar Kompetensi Lulusan

Lulusan SMK Muhammadiyah Minggir memiliki sikap beriman dan bertakwa kepada tuhan YME, disiplin, santun ,jujur peduli, percaya diri dan bertanggung jawab, masih kurang memiliki sikap berkarakter. Meskipun rapor mutu EDS menunjukkan  6,81 (sesuai NSP) namun untuk sikap karakter terus ditingkatkan.

Kualifikasi dan latar belakang pendidikan guru  selaras dengan mata pelajaran yang diampu. 100% Guru  memiliki kompetensi sesuai standar  dan 20%  tersertifikasi sebagai pendidik. Alokasi waktu dan beban belajar tidak beratkan pada sisi siswa. Gaya dan metode pembelajaran yang diterapkan mengarah pada bakat, minta dan kemampuan belajar siswa. Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi keterampilan terlihat pada program  Sekolah berbasis SPW (sekolah penggerak wirausaha) dan peserta didik mampu membuat produk kreatif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Pesan Mendikbud Nadiem Makarim

Pengumuman

Penerimaan Siswa Baru Tahun Ajaran 2022/2023

PENGUMUMAN KELULUSAN Tahun 2021

Informasi Ujian sekolah 2020/2021