SEKILAS INFO
: - Selasa, 07-02-2023
  • 1 tahun yang lalu / Telah dibuka Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2022/2023. Informasi lebih lanjut hubungi nomor di bagian pengumuman PPDB
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang Di Website SMK Muhammadiyah Minggir
  • 2 tahun yang lalu / Terwujudnya lembaga pendidikan yang agamis, kompeten ,unggul dan Berbudaya
Guru SMK Muhammadiyah Minggir Mengikuti Pelatihan Jurnalistik

Oleh Pamuji, Guru SMK Muhammadiyah Minggir

 

SMK Muhammadiyah Minggir menugaskan Pamuji Sri Subekti, S.Si., Ketua Program Sistem Informasi Sekolah untuk mengikuti Workshop Jurnalistik. Workshop dilaksanakan di SMK Kesehatan Binatama, selama dua hari, Jumat-Sabtu (15-16/10/2021).

Kepala SMK Muhammadiyah Minggir, Edy Purwanto S.Pd.T menyampaikan tujuan dari keikutsertaan workshop ini untuk meningkatkan profesionalisme guru. Terutama kompetensi di bidang tulis menulis. Dan harapan ke depan, guru yang mengikuti pelatihan dapat menularkan ilmunya kepada teman sejawat maupun kepada peserta didik.

Workshop bertajuk Ketrampilan Jurnalistik Mendukung Re Branding Sekolah ini diselenggarakan DPD Persatuan SMK Kesehatan Indonesia (Persemki DIY) bersama TIMES Indonesia. Tercatat sebanyak 37 peserta dari 25 SMK Kesehatan se-DIY yang mengikuti workshop. Pelaksanaan workshop dibagi dalam dua Batch. Batch I tanggal 8-9 Oktober 2021 dan Batch II tanggal 15-16 Oktober 2021.

Sebagai utusan dari SMK Muhammadiyah Minggir, Pamuji Sri Subekti menegaskan bahwa pada pelatihan diajarkan dasar-dasar menulis berita yang benar oleh narasumber Kepala Biro TIMES Indonesia Regional Yogyakarta, Ahmad Riyadi. Misalnya penggunaan bahasa yang tepat dan tanda baca yang benar. Juga diajarkan dasar-dasar potografi sebagai foto penunjang berita oleh narasumber Thoni Ashari, Jurnalis TIMES Indonesia.

Peserta workshop mendapat tugas menulis satu berita dan membuat foto jurnalistik. Tugas tersebut mendapatkan feedback dari narasumber. Feedback berupa masukan untuk menyempurnakan berita yang dibuat. Sementara foto jurnalistik mendapat feedback agar peserta dapat membuat foto yang sesuai dengan komposisi, angle dan tipe shot yang tepat.

“Saya berharap bapak ibu semua dapat menulis berita yang positif. Karena berita yang positif akan membawa aura positif juga bagi pembacanya,”pesan narasumber dari TIMES Indonesia, Ahmad Riyadi.

Ahmad Riyadi juga menambahkan dengan membuat berita tentang program-program sekolah maupun berbagai kegiatan sekolah diharapkan dapat membantu re branding sekolah.

Di akhir acara, TIMES Indonesia secara simbolis menyerahkan Program Coorporate Social Responsibility (CSR) kepada DPD Persemki DIY. Program ini berupa pemberian 5 kuota berita gratis untuk 25 sekolah dan DPD Persemki DIY.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Pesan Mendikbud Nadiem Makarim

Pengumuman

Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2021/2022

Penerimaan Siswa Baru Tahun Ajaran 2022/2023

Kerjasama dengan IDUKA (industri dunia kerja)